Monday, November 8, 2010

magang magang magang...

sorry for the late post... I've stopped posting since about a month ago due to the crazy architecture assignments..
and now I would like to post something that should have been posted 3 months ago.. this is about my holiday internship.. yeahh.. 





JADI.. begini ceritanya.. liburan semester kemaren, saat di mana para mahasiswa baru (atau biasa disebut 'maba' di UI) baru masuk, kami para mahasiswa lama (kesannya udah bangkotan gitu) libur selama 3 bulan (nggak.. kalian nggak salah baca.. ini bener-bener 3 bulan !!!!!).. Pas pertama kali dapet liburan sepanjang ini -lulus SMA sama liburan semester genap taon pertama- gw seneng banget.. ga kebayang tiap hari maen-maen & jalan-jalan mulu.. Bahkan gw sampe lupa kalo gw mahasiswa..

Tapi pas semester genap taon kedua, gw mulai memikirkan rencana masa depan (ceilehh bahasa gw).. maksudnya gw mulai mikir kalo liburan kayak gitu tinggal 2x lagi, dan yg terakhir bakalan diisi sama KP (meskipun mungkin nggak full sihh).. jadi kayaknya gw harus memanfaatkan liburan 3 bulan yang kemaren itu untuk sesuatu yang berguna & bikin liburan gw bener2 menarik &a berasa beda.. trus gw mulai nyari2 kesempatan2 buat magang di berbagai bidang mulai dari SPG di PRJ (yang ini ikut2an temen..tapi berhubung gw baru kepikiran pas liburan jadi udah telat dhe -___-"), magang di majalah2 cewe, sampe ke bidang yang emang lagi gw jalanin yaitu arsitektur..
Sebenernya waktu itu sihh yang gw pikirin adalah magang di bidang laen supaya bisa cari pengalaman baru sebelum taon berikutnya gw harus KP di biro arsitektur... Tapi emang dasar nasib,, ujung-ujungnya tawaran yang cukup sesuai dengan kriteria (mulai dari lokasi, kerjaan, sampe gaji) jatuh sama yang namanya arsitektur lagi T.T..... Tapi ya gakpapalah, itung-itung ini sebagai tahap pembelajaran sekaligus latihan kalo nanti gw KP..

Singkat cerita, gw mulai magang di sebuah biro arsitektur sekitar pertengahan Juni 2010 lalu.. awalnya gw pengen mulai dari bulan Juli - Agustus aja, jadi bulan Mei sama Juni full buat maen-maen.. Namun pihak yang bersangkutan memiliki pemikiran berbeda, dan setelah melakukan pemikiran yang cukup lama akhirnya gw ambil tawaran itu...

Pertama kali masuk, gw bener2 awam banget sama urusan-urusan per-arsitektur-an di dunia kerja.. inilah yang namanya belajar.. gw bener-bener dibimbing dari awal untuk terbiasa sama dunia kerja, tapi tentunya disesuaikan sama kapasitas gw yang cuma 'anak magang' doank...

Di sana gw dikasi kerjaan + diajarin berbagai macam ilmu.. mulai dari bikin 3D interior, revisi gambar kerja, olah presentasi, finishing project, dan masi banyak lagi..
Gw bener-bener belajar banyak dari pengalaman 2,5 bulan itu.. dari mahasiswa semester 4 yang project-nya baru sekedar rumah tinggal aja dengan kemampuan autoCAD + archiCAD + sketchup ala kadarnya sampe jadi mahasiswa yang agak sedikit lebih mengerti soal digital drawing + proses2 perencanaan dalam sebuah proyek (yang nggak sekedar rumah tinggal kayak project gw kemaren).. Banyak yang nggak gw dapet di kampus dan gw baru tau di sini..


Nah berikut ini beberapa hasil karya gw selama magang....















Fountain Garden









      Kitchen












Working Room











 Family Room



















TV Room



















Itulah beberapa hasil karya gw selama masa per-magang-an.. sebenernya masi banyak lagi yang lain dan nggak gw publish karena urusan hak cipta, soalnya ada karya2 yang bukan design gw tapi gw bantuin bikin gambar kerja/3D/finishing/output presentasi (dalam berbagai media, mis: power point, movie, dll)
Bisa dilihat hasil-hasil 3D yang gw bikin di atas, mulai dari yang super duper amat sangat cupu & dangkal banget sampe yang agak sedikit 'berbobot' (tapi tetep aja sangat jauh dari standard output taraf dunia kerja)



Sekian cerita gw soal 2,5 bulan magang yang amat sangat menarik dan membawa banyak ilmu+pengalaman.. Semoga KP nanti bisa se-seru magang ini :D :D :D

4 comments:

  1. Hai vera , itu kamu bisa dapet tawaran magang gitu gmn caranya ? Saya juga kuliah arsitektur semester 4 di berlin , saya tertarik untuk magang di indonesia soalnya kbutuhan arsitektur indo n jerman kan beda , jdi saya pikir saya perlu untuk belajar dan menyetarakan ilmu saya dgn kbutuhan arsitektur indo .. Mohon bantuan informasi nya

    ReplyDelete
  2. Hai vera , itu kamu bisa dapet tawaran magang gitu gmn caranya ? Saya juga kuliah arsitektur semester 4 di berlin , saya tertarik untuk magang di indonesia soalnya kbutuhan arsitektur indo n jerman kan beda , jdi saya pikir saya perlu untuk belajar dan menyetarakan ilmu saya dgn kbutuhan arsitektur indo .. Mohon bantuan informasi nya

    ReplyDelete
  3. Hello wafawafa, sorry for the very late reply. Udah lama ga buka blog. Jadi caranya sama aja kayak apply kerja, kirim portfolio kita ke company yang diinginkan, beserta CV & cover letter (explain why u wanna have internship at that company). Simple kan, good luck :)

    ReplyDelete
  4. Halo kak vera, saya sekarang sedang sekolah di bidang arsitektur.Dan tahun besok saya akan mulai menjalankan praktek kerja industri (magang). Kalau boleh tahu tempat magang kakak itu perusahaan apa ? Terimakasih kak vera atas informasinya yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

thanks for visiting my blog ♥
so glad to read your lovely comments..

follow me on twitter & instagram: @veraaraminta